Berita

Ratusan Peserta Calon Anggota PPK Ikuti Tes Tulis

Diterbitkan

-

Peserta calon anggota PPK saat mengikuti tes tulis, bertempat di aula Untag Banyuwangi, Kamis (30/01/2020) siang. (ras)
Peserta calon anggota PPK saat mengikuti tes tulis, bertempat di aula Untag Banyuwangi, Kamis (30/01/2020) siang. (ras)

Memontum Banyuwangi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi melaksanakan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diikuti ratusan warga Banyuwangi, bertempat di aula kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, Kamis (30/01/2020) siang.

Dari 540 pendaftar anggota PPK, namun yang tercatat mengikuti seleksi sekitar 500 lebih yang mengikuti tes tulis. Tes ini meliputi 3 macam soal A, B, C dengan waktu mengerjakan 120 menit. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.15 hingga 11.15 siang.

Ketua Pokja KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan, ujian tes tulis ini merupakan tahapan kedua yang dilakukan oleh KPU dalam proses perekrutan calon penyelenggara Pemilihan Bupati Banyuwangi dan Wakil Bupati Banyuwangi.

“Untuk pengumuman hasil tes tulis ini kita 3 hari ini masih penilaian dan setelah hasil penilaian kita umumkan siapa saja peserta yang lolos dan tidak , setelah lolos tes tulis langsung ke tes yang terakir yaitu fit and proper test,” ungkap Dian Purnawan.

Advertisement

Pada tahap ini, pihaknya akan mencari 10 orang dari masing-masing kecamatan berdasarkan nilai terbaik materi ujian seputar kepemiluan, baik aturan, tahapan-tahapan pemilihan maupun mekanisme, dan pelaksanaan pemilu di tingkat kecamatan.

Setelah proses seleksi tulis ini, kata Dian sapaannya, akan ditetapkan sebanyak 250 orang dari 25 kecamatan yang nantinya akan mengikuti ujian tes berikutnya, yakni fit and proper test.

“Pada tes ini untuk mencari 10 orang terbaik yang nantinya akan mengikuti tes selanjutnya, tes wawancara untuk menetapkan 5 orang terbaik sebagai anggota PPK,” kata Dian Purnawan. (ras/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Lewat ke baris perkakas