Connect with us

Pemerintahan

Program ‘Banyuwangi Tangguh’ Polresta Diapresiasi Pemkab

Diterbitkan

||

Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono saat menghadiri acara launching program Banyuwangi Tangguh di halaman Kantor Polresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020)
Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono saat menghadiri acara launching program Banyuwangi Tangguh di halaman Kantor Polresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020)

Memontum Banyuwangi – Mendukung upaya pemerintah daerah dalam mencegah dan menanggulangi dampak pandemi Covid-19, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi meluncurkan empat program yang terangkum dalam Banyuwangi Tangguh. Pemkab Banyuwangi pun mengapresiasi langkah Polresta tersebut.

Program Polresta ini terdiri dari Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, Mobil Himbauan Covid-19, Thermal Scanner Gate, dan E-Kampung Tangguh Semeru.

“Kami mengapresiasi program baru yang diluncurkan Polresta Banyuwangi hari ini. Inovasi seperti ini memang sangat kita butuhkan di tengah pandemi saat ini. Terima kasih Pak Kapolresta dan jajaran yang telah bersinergi bersama pemkab dan stake holder lain dalam menghadapi masa sulit ini,” kata Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono saat menghadiri acara launching program Banyuwangi Tangguh di halaman Kantor Polresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020).

Dikatakan Mujiono, empat program yang baru diluncurkan tersebut bakal mendukung upaya pemkab dalam mencegah dan menanggulangi dampak pandemi yang begitu besar. Contohnya, di sektor pendidikan dan pemulihan ekonomi warga.

“Adanya motor bhabinkamtibmas yang menyediakan wifi gratis hingga pelosok desa akan membantu pemkab di sektor pendidikan. Mengingat selama pandemi, para siswa harus melakukan pembelajaran online sebagai bentuk penerapan physical distancing,” kata Mujiono.

Peluncuran keempat inovasi tersebut dilakukan oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin. Didampingi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banyuwangi, Mohammad Rawi.

Kombes Arman menjelaskan, Motor Babinkamtibmas Peduli Pendidikan memberikan layanan wifi gratis kepada pelajar di pelosok desa yang masih kesulitan mengakses internet. Polresta Banyuwangi menyediakan 100 motor khusus yang dilengkapi dengan laptop dan pemancar wifi. Masing-masing kecamatan mendapat jatah 4-5 kendaraan.

Mobil Himbauan Covid-19, merupakan kendaraan khusus untuk patroli kedisiplinan protokol kesehatan. Selain rutin keliling menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan, mobil ini juga akan menyisir warga yang terlihat melanggar protokol kesehatan.

“Misalnya ada yang ketahuan tidak memakai masker, akan diingatkan dan dibagikan masker,” terangnya.

Thermal Scanner Gate merupakan program untuk memastikan seluruh pengunjung di kantor Polresta Banyuwangi dalam kondisi sehat. Sementara E-Kampung Tangguh atau Kampung Tangguh Corner merupakan sentra dari seluruh kampung tangguh semeru se-Banyuwangi.

Semua kegiatan dan laporan dari kampung tangguh semeru dapat dipantau dari command centre yang ada di Polresta Banyuwangi. Kampung Tangguh Semeru merupakan program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar,” ujarnya. (tut/mzm)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending